Mendeley, aplikasi pengolah sitasi dan daftar pustaka karya tulis ilmiah

19 01 2012

Mendeley, merupakan piranti lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Fungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Saya mulai menggunakan aplikasi ini sejak masih versi beta sekitar 3 tahun yang lalu. Bila sebelumnya menyusun daftar pustaka secara manual, yaitu dengan menuliskan setiap kutipan dan referensi sesuai dengan format harvard style, seringkali sangat menyulitkan dan membutuhkan ketelitian agar tidak sampai ada yang terlewat atau tertukar. Terlebih bila format yang digunakan adalah vancouver style, yaitu format sitasi dengan menggunakan angka secara berurutan, akibatnya seringkali menyulitkan dalam proses pengurutan angka sitasi tersebut.

Salah satu kendala dalam menghindari plagiarisme adalah kurangtelitinya penulis dalam mengutip dan mencantumkan sumber referensi dalam karya tulis, sehingga melalui penggunaan aplikasi ini dapat menjauhkan penulis dari plagiarisme yang tidak disengaja (akibat kelalaian secara teknis). Lalu bagaimana cara aplikasi ini bisa membantu ???

Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan aplikasi ini dalam penulisan karya tulis ilmiah adalah menyusun data pustaka di dalam library mendeley. Proses import dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pada dasarnya bila sumber pustaka tersedia dalam format digital (file yang disertai dengan metadata) akan sangat mudah dikenali data pustakanya oleh aplikasi ini. Contohnya file e-journal yang diperoleh dari beberapa portal e-journal terkemuka, biasanya dalam format pdf yang sudah disertai dengan metadata yang membawa informasi dat pustaka yang diperlukan oleh aplikasi ketika di import. Sederhananya, ketika suatu file e-journal di import ke dalam aplikasi mendeley, maka akan secara otomatis dikenali data pustakanya seperti nama penulis, tahun penerbitan, jenis publikasi, nama jurnal atau buku, dan keterangan pustaka lainnya. Sehingga penulis tidak perlu menulis ulang secara manual. Namun untuk file atau referensi yang tidak tersedia dalam format digital/ file, maka data pustaka bisa diperoleh melalui beberapa portal seperti toko buku online amazon, dan untuk proses ini tidak ada biaya sama sekali. Untuk referensi yang tidak tersedia dalam portal-portal tersebut, maka dimungkinkan untuk dilakukan input data pustaka secara manual ke dalam data pustaka mendeley, misal buku terbitan nasional. Untuk tahapan selama penyusunan database pustaka ini diperlukan adanya koneksi internet. (Lihat tutorial cara import data pustaka)

Tahap selanjutnya adalah mulai menulis, mengutip sitasi dan meng “generate” daftar pustaka di aplikasi MS Word office. Untuk tahap ini tidak lagi diperlukan koneksi internet. Untuk melihat bagaimana integrasi antara mendeley dan MS Word, dapat dilihat di artikel “Demo penggunaan aplikasi mendeley dan ms word” berikut.

Kemampuan lainnya adalah memungkinkan user untuk dapat berbagi database secara online dengan user lainnya dengan networking yang luas, atau disebut juga dengan jejaring sosial untuk akademik/ saintifik

Sumber : http://sketchmind.net/2012/01/12/mendeley-aplikasi-pengolah-sitasi-dan-daftar-pustaka-karya-tulis-ilmiah/#more-89


Aksi

Information

One response

3 02 2012
sandrapratama

teu ngarti alo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: