Perubahan Sosial dan Pendekatan Persuasi

15 04 2011

PERUBAHAN SOSIAL

Sayogyo (1985:117), mengartikan perubahan, dalam hal ini perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan interaksi antara organisasi atau komu- nitas yang dapat menyangkut struktur sosial atau pola nilai dan norma serta peranan.

Rogers dan Shoemaker (Hanafi, 1987:16) memberi pengertian perubahan sosial sebagai proses dimana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial. Selanjutnya dikatakan pula bahwa salah satu cara yang berguna dalam meninjau perubahan sosial ialah dengan memperhatikan darimana sumber terjadinya perubahan itu. Jika sumber perubahan itu dari sistem sosial sendiri, dinamakan perubahan “imanen”, sedang jika sumber ide baru berasal dari luar sistem sosial di sebuah “perubahan kontak”.

Arti Perubahan :

  1. Segala sesuatu yang terlihat/terasa berbeda dalam jangka waktu tertentu.
  2. Setiap perbedaan yang dapat diambil dalam jangka waktu tertentu.

Perubahan Sosial :

  1. Proses dimana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial.
  2. Perbaikan struktur dan fungsi sosial sebagai manifestasi dari berbagai status individu dan kelompok.

ProsesPerubahanSosial :

  1. Invensi
  2. Difusi
  3. Konsekuensi

Invensi : Proses dimana ide-Ide baru diciptakan dan dikembangkan.

Difusi : Proses dimana ide-ide baru dikomunikasikan  ke dalam sistem Sosial.

Konsekuensi : Perubahan yang terjadi dalam sistem sosial Sebagai akibat pengadopsian atau penolakan dari inovasi

Pembagian Konsekuensi yang diinginkan dengan

Yang tidak diinginkan :

  1. Konsekuensi Fungsional vs disfungsionan
  2. Konsekuensi Langsung vs tidak langsung
  3. Konsekuensi Nyata vs Tersembunyi.

Menurut Jenisnya ada 3 macam Perubahan :

  1. Perubahan Teknologi
  2. Perubahan Sosial
  3. Perubahan Pendidikan

Menurut Prosesnya ada 2 macamPerubahan :

1.Perubahan Alamiah,
  • Bersifat Evolusioner
  • Bersifat Revolusioner
2.Perubahan Berencana.

Macam-macam Perubahan Sosial dilihat dari datangnya inovasi :

  1. Perubahan Imanen
  2. Perubahan Imanen Terinduksi
  3. Perubahan Kontak Selektif
  4. Perubahan Kontak Terarah

Perubahan kontak ada dua, yaitu :

  1. Perubahan Selektif
  2. Perubahan Berencana

Konsep penting dalam perubahan berencana, adalah Model hubungan antara “Change agent” dengan “Client System”

B e r s a m b u n g


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: