Instumentasi

18 03 2011

Terdapat beberapa pendapat yang menyatakan tentang definisi instrumentasi, Salah satu pengertian instrumentasi itu dikemukakan oleh Frankly W. Kirik dan Nicholas R. Rimboy pada tahun 1962 yang menyatakan  :

‘‘Instrumentation is a technology of using instrument to measure and to control the variable physic and chemical properties of the materials‘‘.

Secara terminologi definisi instrumen diatas dapat diartikan sebagai berikut  :

‘‘ Instrumentasi adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan peralatan atau instrument untuk mengukur dan mengatur suatu besaran baik kondisi fisis maupun kimia‘‘.

Dari definisi diatas dapat diambil suatu kesimpulan atau prinsip dasar, bahwa instrumentasi terdiri dari dua pokok kegaitan yaitu mengukur dan mengatur suatu besaran.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekonologi maka instrumentasi pun berkembang dan mempunyai ruang lingkup pengertian yang luas. Ruang lingkup yang luas mencakup perancangan sampai pembuatan serta pemakaian instrumentasi untuk pendeteksi, observasi, pengukuran kontrol otomatis atau pemprosesan data. Tetapi semuanya tetap menginduk pada pengertian dan prinsip dasar dari pengukuran dan pengaturan .


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: