Karakteristik marketing plan

28 02 2011

Karakteristik dari suatu marketing plan yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:

  1. Harus didasarkan pada fakta dan asumsi yang benar tentang siapa target market, dimana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya.
  2. Bagaimana teknik promosi yang efektif.
  3. Bagaimana perubahan harga di pasar.
  4. Bagaimana saluran distribusi.
  5. Bagaimana keadaan saingan.
  6. Bagaimana SWOT dari perusahaan.
  7. Siapkan sumber-sumber yang diperlukan (SDM, keuangan)

Konsep marketing:

  1. Goal achivement
  2. Organizational integration
  3. Customer orientation

Menilai peluang pasar

Wirausahawan seharusnya dalam proses pengambilan keputusan harus didasari atas informasi terbaik yang dikumpulkan.

Informasi pasar berfungsi :

  1. untuk menemukan pasar baru yang dapat dimasuki
  2. menemukan pelanggan baru dalam pasar yang ada sekarang
  3. mengetahui produk-produk baru yang mempunyai potensi untuk dikembangkan pada masa yang akan datang

Selain itu, informasi pasar juga menyediakan data yang dibutuhkan pada waktunya untuk :

  1. Mengurangi risiko usaha.
  2. Mengurangi persoalan dan masalah potensial pada usaha anda saat ini.
  3. Mengenal peluang pasar yang baru.
  4. Memperoleh informasi dan fakta tentang usaha untuk dimanfaatkan dalam membuat keputusan dan rencana tindak yang lebih realistis

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: