TEPUNG IKAN

1 05 2011

Tepung ikan merupakan salah satu bahan baku sumber protein hewani  dan mineral yang dibutuhkan dalam komposisi makanan ternak. Tepung ikan adalah produk berkadar air rendah yang diperoleh dari  penggilingan ikan. Kandungan proteinnya relatif tinggi tersusun oleh asam-asam amino esensial yang kompleks( methionin dan lysin) dan mineral (Ca dan P,serta vitamin B12).

Pengolahan ikan menjadi tepung ikan tidak sulit dilakukan, usaha pengolahan  tepung ikan dapat dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu besar. Tepung ikan dapat dibuat dengan salah satu cara berikut:

  1. Cara basah
  2. Cara kering
  3. Cara penyulingan

Dari ketiga cara di atas,

cara kering paling cocok dilakukan untuk industri kecil  karena lebih sederhana dan lebih murah.

Bahan yang digunakan yaitu ikan, dan biasanya berbagai jenis ikan laut  dapat diolah menjadi tepung ikan, akan tetapi yang paling ekonomis adalah ikan-ikan kecil (rucah) yang kurang disukai untuk dikonsumsi dan harganya relatif murah.

Proses Pembuatan :

  1. .Pembuatan Tepung Ikan
    1. Bahan limbah dipotong kecil-kecil dalam bak pencucian dengan air yang mengalir.
    2. Dilakukan penggaraman selama 30 menit.
      1. Khusus untuk ikan gemuk tambahkan air hingga terendam dan dimasak  selama  1 jam. Untuk ikan kurus dimasak dalam dandang selama 30 menit, kemudian ikan yang sudah matang dimasukkan ke dalam alat pengepres.
  2. Ikan yang telah di pres digiling.
  3. Ikan yang telah dipres dikeringkan pada suhu 60 – 65 derajat Celcius selama 6 jam di dalam alat pengering untuk ikan basah, dan ikan kering dikeringkan dengan sinar matahari.
  4. Ikan yang telah dipres dan kering digiling sampai lembut.
  5. Tepung ikan siap dipasarkan.

Nama Bahan :

Tepung Ikan :    Bahan Baku Tepung Ikan

  • Limbah ikan dari industri pengalengan ikan
  • Ikan kurus: ikan-ikan kecil misalnya teri ( Solepherus sp )
  • Ikan gemuk: ikan petek ( Leioguanathus sp )

Nama Latin : Tepung ikan (brevoortia tyrannus)

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat tepung ikan dari ikan segar. Cara yang paling sederhana yaitu dilakukan penjemuran dibawah sinar matahari. Metode ini beberapa daerah sedah dilakukan diantaranya :

Pemanasan (Cooking)

Jika pemanasan kurang, maka hasil pressing nantinya tidak memuaskan dan pemanasan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan ikan terlalu halus untuk dipress. Bahan baku ikan segar tidak dilakukan pengeringan selama tahap proses pemanasan. Pemanasan biasanya dilakukan pada suhu 95oC sampai 100 oC dalam waktu 15 sampai 20 menit. Beberapa perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tepung ikan, menggunakan suhu 95 oC.Dan beberapa alat pemanas dilengkapi dengan steam dan menampung sekitar 16 sampai 1600 ton ikan segar per  24 jam.

Pressing

Pada tahap ini terjadi pemindahan sebagian minyak dan air. Ikan berada dalam tabung yang berlubang, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan tekanan dengan bantuan sekrup. Campuran air dan minyak yang diperoleh ditekan keluar melalui lubang dan bahan bentuk padat seperti dalam pembuatan kue sebagai hasil akhir dari proses pressing. Selama proses pressing, kadar air menurun dari 70% menjadi 50% dan minyak menurun sekitar 4 %.

Pressing Liquor

Bagian cair dari proses pressing liquor dikenal dengan nama stickwater yang berisi material yang telah dihancurkan yang beratnya sekitar 9% dari total padatan. Material ini sebagian besar berupa protein dan stickwater terdiri dari sekitar 20% dari total padatan. Material terbentuk kembali akibat penguapan stickwater sampai berbentuk sirup yang terdiri dari 30 sampai 50 % padatan dan kadang-kadang dijual sebagai ikan padat yang dilarutkan. Pada umumnya produk hasil pressing liquor jika dipress kembali dan dikeringkan maka akan berbentuk tepung.

Pengeringan

Ada dua jenis alat pengering, yaitu alat pengering langsung dan alat pengering tidak langsung. Pengeringan langsung menggunakan suhu yang sangat panas, yaitu sampai 500oC. Metode ini membutuhkan waktu yang singkat, tapi akan menyebabkan kerusakan yang lebih tinggi jika prosesnya tidak dilakukan secara hati-hati. Tepung sebaiknya tidak dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, karena penguapan air yang cepat menyebabkan kondisi ikan mendingin, secara normal produk dipanaskan pada suhu 100oC.

Penggilingan dan Pengemasan

Langkah terakhir yang dilakukan dalam pembuatan tepung ikan adalah penggilingan untuk memecahkan gumpalan-gumpalan atau partikel dari tulang dan dilakukan pengemasan tepung ikan untuk selanjutnya dilakukan penyimpanan di dalam silo. Dari tempat industri pengolahan tepung ikan, tepung ikan yang sudah siap jual kemudian didistribusikan.

About these ads

Aksi

Information

13 tanggapan

14 09 2011
LELA SURAMADU LOVES CATFISH

infonya bener2 sangat berguna bagi saya Pak Adi. Terimakasih. Lalu, bagaimana caranya menjadikan tepung ikan tadi menjadi pakan berbentuk butiran (tenggelam) dengan cara murah meriah? Terimakasih pencerahannya.

20 10 2011
Adi Firman

terima kasih, menjadikan tepung ikan menjadi bentuk butiran atau crumble dapat menambah kadar minyak atau lemak sehingga didapat tepung ikan butiran yang baik

21 10 2011
LELASURAMADU LOVES CATFISH

Maaf Pak Adi Firman, saya belum mengerti. Jika kita beli tepung ikan. Lalu ingin langsung dibuat pakan, jelas akan membuat keruh air kolam. Nah maksud saya bagaimana caranya menangani tepung ikan ini, apakah perlu dibuat perekat? Dan apakah minyak ikan bisa dibuat perekat. Terimakasih atas sahring ilmunya Pak.

15 10 2011
amrisinulingga

saya sangat tertarik terhadap pembuatan tepung ikan….saya ingin mempelajri bidang usaha ini?kualitas dan permintaan pasar thdp produk stengah jadi ini bagaimana pak…berap modal investasi yang harus kita siapkan dalam pembuatan bisnis tepung ikan ini.

20 10 2011
Adi Firman

Sebelum memulai usaha penyediaan pakan seperti tepung ikan, terlebih dahulu harus mengetahui kebutuhan tepung ikan sesuai daerah yang dijadikan market share dan mengetahui sumber bahan untuk dijadikan tepung ikannya, info nya banyak di internet kok, Selamat mencoba

31 10 2011
gilofish

jual tepung ikan asal Viet Nam – 55% – 58% – 60% protein
GILOFISH. CO., LTD.
National highway 91, Binh Duc 3 Hamlet, Binh Duc Ward,
Long Xuyen City, An Giang Province, Viet Nam
Tel: +84 763 858 417 Fax: +84 763 958137
Speciality
• To buy and sale by products – Fish Meal – Fish Oil.

Pangasius Fish Meal (Origin Vietnam)

Stantdar :
Protein: 50% – 55 % – 58% – 60%
Lipit: 12% (max)
Moisture: 10% (max).
TVBN: 150 mgN/100 g.
Free from any types of Mold / Fungi/melamin.
Bag: 50 kgs
Payment : L/C (paydown 30% – L/C 70%)
Price : CIF – CNF
Mail : gilofish@gmail.com
Nickname yahoo: phuongnamagg
Mr. Nam: +84988779939

30 06 2012
nugroho eko s

maaf pak firman mau nanya nih…..
klau tiap 1kg ikan segar bisa menjadi fish meal berapa persen??terimakasih…….

1 11 2012
wina widianingsih

maaf pa.bisa anda berikan info dimana saya dapatkan tepung ikan.khususnya tepung ikan tenggirir pa.terimakasih banyak,maaf merepotkan.
saya sangat mengharapkan balasan dari anda

8 11 2012
lelesurabayamadura

Mampir lagi… :) Boleh tanya lagi Pak Firman? Asam amino dalam daging fresh apakah tidak rusak setelah dikeringkan? Makasih Pak Firman ..

8 11 2012
Adi Firman

Penggunaan suhu tinggi dapat memberikan efek positif pada sifat protein (daya cerna meningkat), namun bila pemanasan yang dilakukan tidak terkontrol maka dapat menimbulkan berkurangnya nilai gizi
protein serta asam amino yang terkandung dalam tepung ikan tersebut.

25 03 2013
lelesurabayamadura

Makasih. Baru tahu, ternyata pemanasan bisa meningkatkan daya cerna protein makanan.

31 12 2012
iwan

Pak adi.mau nanya nich ke mana saya pasarkan ikan sarden frozen yg kecil sebagai bahan baku untuk tepung dan pakan ikan.kira2 berapa ya harganya.trims

1 01 2013
iwan

Klo ada yg butuh ikan sarden frozen untuk bahan baku tepung/pakan ikan boleh hub iwan hp 081236751128

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.984 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: