PENGEMBANGAN POLA KEMITRAAN INTI-PLASMA USAHA PETERNAKAN DOMBA

1 05 2011

Pola Kemitraan

Pola kemitraan merupakan bentuk kerjasama antara dua belah pihak ataupun lebih untuk mendapatkan keuntungan atau keberhasilan usaha Peternakan. Populasi domba di peternakan villa domba yang bertambah setiap tahun mengakibatkan konsumsi pakan baik dari hijauan maupun konsetrat meningkat, sehingga biaya produksi meningkat dan ketersediaan hijauan di sekitar peternakan villa domba tidak dapat memenuhi kebutuhan pakan untuk ternak. Untuk mengatasi kekurangan pakan tersebut villa domba menitipkannya kepada petani sekitar dengan pola kemitraan bagi hasil berupa uang fisik. Selain mengatasi kekurangan pakan, kemitraan juga merupakan suatu cara untuk mengembangkan usaha lebih besar dan membantu perekonomian masyarakat kecil.

Bentuk kerjasama atau pola kemitraan yang dijalankan oleh Villa Domba ada beberapa macan anatara lain : Pola kemitraan inti-plasma merupakan kerja sama antara villa domba dengan peternak kecil atau peternak yang mempunyai modal sedikit atau tidak mempunyai modal.mereka hanya menyediakan kandang. Setiap kelompok ternak mempunyai koordinator kelompok atau Pembina kelompok. Pola kemitraan strategis merupakan kerja sama antara villa domba dengan peternak yang mempunyai modal atau peternak yang mempunyai modal besar dan kandang yang mampu menampung banyak domba. Mitra strategis membeli domba dari villa domba dengan populasi minimal 30 ekor, baik breeding maupun fattening. Villa domba selain menyediakan ternak untuk mitra strategis yaitu pemasaran dan diklat untuk pekerja teknis dimitra strategis. Staf kandang atau pekerja teknis untuk mitra strategis wajib mengikuti bimbingan atau diklat di villa domba. Sehingga tatalaksana pemeliharaan dimitra strategis sesuai standar tatalaksana pemeliharaan Villa Domba. Karena permintaan konsumen yang meningkat sedangkan ketersediaan populasi ternak tidak dapat memenuhi semua permintaan konsumen sehingga Villa Domba mengambil ternak dari luar villa domba. Pihak yang menyediakan ternak adalah mitra unggulan. Pola kemitraan unggulan merupakan  kerja sama antara Villa Domba dengan peternak atau agen penyalur ternak yang sering disebut “bandar”. Ternak yang masuk ke Villa Domba merupakan ternak domba garut yang memenuhi standar kualitas Villa Domba, yaitu diantaranya : mempunyai kemampuan genetik yang baik yaitu dari keturunan unggul, sehat dan tidak ada cacat tubuh.

Pola Kemitraan Inti-plasma

Pola kemitraan inti-plasma merupakan kerja sama antara villa domba dengan peternak kecil atau peternak yang mempunyai modal sedikit atau tidak mempunyai modal.mereka hanya menyediakan kandang. Setiap kelompok ternak mempunyai koordinator kelompok atau Pembina kelompok. Pola kemitraan Inti-plasma pada satu daerah terdapat 100 ekor Domba Garut dan setiap anggota kelompoknya memelihara 2-5 ekor ternak. Keuntungan yang diperoleh setiap peternak 50%, koordinator 10%, villa domba 40%. Setiap peternak diberikan domba 2-5 ekor, domba yang siap panen di beli oleh villa domba, peternak pun boleh menjual domba ke pihak lain asalkan harga lebih tinggi. Domba yang diberikan ada 2 jenis yaitu :

Breeding merupakan ternak yang diberikan untuk pembibitan. Indukan yang diberikan kepada ternak sudah bunting selama satu bulan. Sehingga peternak mempunyai kepastian untuk mendapatkan keuntungan. Peternak akan mendapatkan keuntungan yaitu dari anakan yang dilahirkan indukan. Sistem bagi hasilnya bukan berdasarkan fisik seperti dikalangan masyarakat namun berupai nilai uang (rupiah). Nilai uang yang diperoleh dari berat badan anakan perkilo bobot badan hidup, persatu kilogram dihargai Rp. 35.000,- berdasarkan dari nilai mata uang dinar terhadap rupiah.jadi harga dapat berubah sesuai dengan keadaan mata uang dinar terhadap rupiah. Selain dari dinar faktor penentu harga yaitu inflasi dan kompetitor. Siklus pada inti-plasma yaitu sepuluh bulan pada bulan pertama ternak berada di Villa Domba dalam keadaan bunting. Pada bulan kedua ternak berada di Peternak Plasma dalam keadaan bunting.Pada bulan keenam induk lahir, bulan kesembilan rotasi indukan lama diganti dengan indukan baru yang sudah bunting, pada bulan kesupuluh anakan ditarik ke Villa Domba dan pembagian keuntungan. Kompensasi jika ternak tidak bunting yaitu villa domba mengganti biaya pakan selama ternak berada di peternak plasma yaitu sehari seribu untuk satu ekor. Dan mengganti dengan ternak yang bunting tua.

Fattening merupakan kemitraan ternak yang diberikan kepada peternak untuk penggemukan. domba yang diberikan kepada peternak yaitu ternak yang sudah lepas sapih yang berumur sekitar 3 bulan dan panen setiap 5 bulan dan ternak ditarik oleh villa domba menjelang kurban jika domba sudah cukup umur. Pembagian keuntungan pada fattening atau penggemukan yaitu pada saat domba datang ditimbang berat badan awalnya dan pada lima bulan atau saat domba ditarik oleh villa domba ditimbang berat badan akhir. Berat badan akhir dikurangi berat badan awal.

Proses Seleksi Calon Peternak Mitra

Peternak mitra yang belum pernah memelihara domba mulai kebingungan manakala domba terkena penyakit misalnya, domba tidak mau makan ataupun domba tiba-tiba mengalami kematian. Pemilik ternak tidak mampu berbuat banyak karena ia pun belum mengerti pengetahuan beternak domba. Tanpa bermaksud meragukan kemampuan peternak desa namun inilah kenyataan yang seringkali ditemukan di lapangan, bahkan karena frustasinya dan tidak mau menanggung kerugian pada akhirnya bisa jadi si pemelihara ternak menjual ternak domba tanpa seijin pemiliknya ataupun ternak diberikan kepada warga lainnya tanpa sepengetahuan pemiliknya, banyak cerita beberapa pemilik ternak yang mengatakan bila mereka merugi karena domba-domba yang dititipkan ke masyarakat banyak yang sakit, hilang, dijual ataupun mati. Disinilah arti pentingnya proses seleksi yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu oleh pemilik ternak terhadap calon peternak mitra yang akan memelihara dombanya nanti. Proses seleksi bisa dilakukan dalam bentuk tertulis ataupun wawancara seandainya calon peternak mitra mengalami kendala dalam kemampuan membaca dan menulis.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada tahap seleksi ini tidak semuanya mengarah kepada hal teknis namun ada juga yang sifatnya untuk mengetahui latar belakang dan keadaan ekonomi calon peternak mitra, pemahaman terhadap konsep kemitraan dan utamanya keseriusan calon pemelihara untuk bekerjasama dengan villa domba sebagai pemilik ternak. Ada baiknya proses seleksi dilakukan sendiri oleh pemilik ternak dan sangat dianjurkan untuk pertanyaan yang bersifat teknis di mana pemilik ternak bekerjasama dengan pihak lain yang bisa menilai kemampuan dan pengetahuan calon pemelihara dalam beternak domba, dinas peternakan setempat misalnya, dokter hewan, peternak lain yang sudah lebih dulu memulai kemitraan dan lembaga perguruan tinggi yang memiliki fakultas peternakan.

 Pembentukan Kelompok Ternak Kemitraan

Pembentukan kelompok terdiri dari gabungan beberapa peternak mitra diikuti dengan penetapan ketua kelompok dan anggota. Pembentukan kelompok ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi dan pelaporan administrasi di lapangan pada saat pemeliharaan domba telah berjalan. Pemilik ternak tidak harus satu persatu mengontrol peternak mitra apabila jumlahnya semakin banyak namun cukup mendelegasikan tugas ini kepada ketua kelompok yang terpilih secara musyawarah antar anggota. Adapun kriteria peternak mitra yang dapat dipertimbangkan sebagai ketua kelompok adalah:

  1. Peternak mitra yang paling berpengaruh dan disegani diantara peternak mitra lainnya. Ini akan membantu pemilik ternak bilamana saat pelaksanaan kemitraan nanti timbul konflik maupun permasalahan yang bisa ditangani dengan fungsi mediasi ketua kelompok tersebut.
  2. Peternak mitra yang memiliki kemampuan baca dan tulis ataupun ijazah pendidikan terakhir paling tinggi diantara peternak mitra lainnya. Ini akan membantu pemilik ternak manakala ketua kelompok menjalankan fungsi administrasi terkait pengontrolan dan pencatatan laporan kemitraan lapangan.
  3. Peternak mitra yang memiliki nilai paling tinggi diantara peternak mitra lainnya saat proses seleksi kemitraan dari segi pengetahuan teknis pemeliharaan domba. Ini akan membantu pemilik ternak saat akan melakukan pembekalan ilmu pengetahuan maupun teknologi tentang beternak domba.

Tugas pembina kelompok yaitu membina beberapa kelompok peternak mitra pada suatu desa hingga tingkat kecamatan. Atas fungsi yang dijalankannya maka Pembina Kelompok akan mendapatkan Bagi Hasil dari penjualan anak domba nantinya. Dengan demikian maka komposisi Bagi Hasil disetiap penjualan anak domba adalah, Pemilik Ternak (40%), Pembina Kelompok (10%) dan Peternak Mitra (50%).

About these ads

Aksi

Information

17 responses

1 05 2011
satriyabisniss

NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

25 11 2011
jairus Manurung

Saya berminat untuk melakukan pekerjaan tersebut, tolong Hubungi saya:
Nama : Jairus Manurung
email : jairus.manurung@gmail.com

28 03 2012
mukhlis amiruddin

saya berminat atas penawaran pekerjaan tersebut.

11 05 2011
sandrapratama

bagaimana mekanisme pembentukan kelompoknya bos ?hhaa

11 05 2011
sandrapratama

harusnya anda mencantumkan dari mana literatur ini didapat

http://dombagarut.blogspot.com

situs ini yang membuat tulisan ini secara resmi,
:D

12 05 2011
Adi Firman

Oh maaf saya dapat artikel ini dari makalah kawan saya namanya Sontol delaconceta A.K.A Sandra pratama

18 07 2011
gatot

informatif bagi yg memerlukan sobat….terima kasih..

15 08 2011
Adi Firman

terima kasih pak,

9 08 2011
erik setiawan

mas adi maaf sy erik, pekerjaan sy sebagai sekretaris desa cibatok satu kecamatan cibungbulang kabupaten bogor, maaf mas sy tertarik dengan pola kemitraan yg sdh di kembangkan PT. villa Domba, kebetulan sy memiliki kandang domba dengan kapasitas 100 ekor, tp sampai saat ini sy belum dapat membuat kandang tersebut optimal karena sy banyak sekali keterbatasan mengenai teknik produksi ternak, manajemen dan marketing di bidang peternakan domba, padahal sy sangat ingin peternakan ini jg dapat membantu memberdayakan ekonomi masyarakat peternak di desa sy, maaf melalui ini jika sy ingin membangun kemitraan tersebut bagaimana caranya ya? oya untuk komunikasi ini no hp sy 085716888827, mohon bantuannya, terimakasih sebelumnya atas kesempatan yg diberikan.

15 08 2011
Adi Firman

mohon maaf pa ery baru di balas, Saya akan follow up permintaan pa ery setelah saya berkonsultasi dengan manajer kandang terlebih dahulu, karena saat ini kami sedang mengembangkan skala besar di daerah purwakarta, Setelah ada perkembangan saya akan menghubungi pa ery

27 06 2012
yusep

Saya dan kelompok tani dan ternak Linggar Asih yang berkedududkan di Desa Najaten Kecamatan Cibalong Garut – Jawa Barat berencana mengembangkan peternakan domba di daerah saya, mohon di emailkan ke yusepsp@ymail.com sistem kerjasamanya dan bagaimana syarat syarat pengajuan kerjasamanya,…terima makasih

28 06 2012
Adi Firman

Dapat menghubungi saudara Alam 08567798001, terima kasih

28 12 2012
m setyawan

luar bisa good

28 12 2012
m setyawan

mas adi mohon bantuan prosedur kemitraan tersebut, sy sangat tertarik dengan pola kerjasamanya dan rekan rekan peternak lain di wilayah saya mengharapkan saya untuk maju bersama. kami berlokasi di desa Iwul Parung Bogor, mhn infonya pak saya titip no hp saya 087872157640, trims ditunggu info baiknya

29 12 2012
Adi Firman

Pak setyawan dapat menghubungi kang agus ramada (PT VILLA DOMBA NIAGA INDONESIA) di no 08569028104 untuk keterangan lebih lanjut

14 02 2013
tendy

mungkin ini bisa membantu ternak teman2 juga. saya menyediakan suplemen u/ ternak yaitu SOC dari HCS. apabila berminat bisa hubungi saya di: 085718266123 (khusus wilayah cirebon, majalengka, kuningan ongkos kirim GRATIIS). simak pola peternkan yg menggunakan SOC disini>> http://www.youtube.com/watch?v=NJmfM_HmQjg

28 06 2012
Adi Firman

Dapat menghubungi saudara Alam 08567798001, terima kasih pak Syamsudin Yunarka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.987 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: