Prosedur Kerja Analisis Lemak Kasar

22 02 2011

Lemak Kasar

a. Prinsip

Melarutkan (ekstraksi) lemak yang terdapat dalam bahan dengan pelarut lemak (ether) selama beberapa waktu (3-8jam). Ekstraksi dengan menggunakan alat sochlet/goldfish, beberapa pelarut yang dapat digunakan antara lain seperti :

  • Kloroform
  • Petroleum
  • Benzene
  • Heksana
  • Aseton

Lemak yang terekstraksi (larut dalam pelarut) terakumulasi dalam wadah pelarut (labu sokhlet/gelas goldfish), kemudian dipisahkan dalam pelarutnya dengan cara dipanaskan dalam oven suhu 1050C. Pelarut akan menguap, sedangkan lemak tidak akan menguap karena titik didih lemak lebih dari 105 0C, sehingga tidak menguap dan akan tertinggal dalam wadah untuk ditentukan beratnya.

PERHITUNGAN LEMAK KASAR  (%):

x100%

Kelemahan :

Tidak hanya lemak yang larut dalam pelarut tetapi terdapat juga komponen senyawa organic lain yang bukan lemak larut dalam pelarut.

Misalnya : pigmen, asam organic, klorofil, sterol,  vitamin A, D, E, K sehingga terhitung sebagai lemak.

  1. Lemak dengan bobot molekul  besar serta kompleks sulit larut dalam pelarut lemak sehingga bahan demikian umumnya dari hewani harus didestruksi lebih dulu agar larut dalam pelarut

 

b. Alat dan bahan

  • sampel  pollard
  • satu set alat sokhlet
  • pelarut  lemak (kloroform)
  • selongsong
  • timbangan analitik
  • kapas dan biji hekter
  • eksikator

 

c. Prosedur

  1. Siapkan kertas saring yang telah kering oven (gunakan kertas saring yang bebas lemak).
  2. Buatlah selongsong penyaring yang dibuat dari kertas saring, timbang dan catat beratnya sebagai A gram. Masukan sampel sekitar 2 -5 gram dalam selongsong kemudian timbang dan catat beratnya sebagai B gram. Tutup dengan kapas kemudian di hekter, lalu ditimbang dan catat beratnya sebagai C gram. Berat sampel = (B-A)gram.
  3. Selongsong penyaring berisi sampel dimasukan kedalam alat sokhlet. Masukan pelarut lemak (kloroform) sebanyak 100-200ml kedalam labu didihnya. Lakukan ekstraksi (nyalakan pemanas hot plate dan alirkan air pada bagian kondensornya).
  4. Ekstraksi dilakukan selama kurang lebih 6jam ambil selongsong yang berisi sampel yang telah di ekstraksi dan keringkan didalam oven selama 1jam pada suhu 1050C. kemudian masukan kedalam eksikator 15menit dan kemudian timbang dan catat beratnya sebagai D gram.
  5. Kloroform yang terdapat dalam labu didih, didestilasi sehingga tertampung dipenampung sokhlet. Kloroform yang tertampung disimpan untuk digunakan kembali.

 

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.984 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: